Blog yang Saya ikuti

Minggu, 04 Juli 2010

Resep PUDING "Crazy Striped Pudding"

untuk 10 porsi
Persiapan : 20 menit
Memasak : 35 menit

Adonan bening
120 gr gula palem
20 gr gula pasir
700 ml air
1 kantong agar-agar bubuk (putih)
1 batang kayu manis (5cm)
3 buah kapulaga

Adonan santan
140 gr gula palem
35 gr gula pasir
500 ml santan encer segar
1 kantong agar-agar bubuk (putih)
100 ml krim

Saus
1 kuning telur
2 sdt tepung maizena
200 ml santan encer segar
40 gr gula pasir

50 ml krim
2 sdm rum

Gunkan 2 Loyang loaf 6x20x7cm

Adonan bening : campur dan masak semua bahan di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih, sisihkan.

Adonan Snatan :campur dan masak semua bahan, kecuali krim. Didihkan di atas api sedang sambil di aduk. Dinginkan dahulu hingga hangat suam-suam kuku, masukkan krim. Sisihkan.

Melapis :tuang sedikit adonan bening ke dalam loyang. Miringkan loyang, sangga bawahnya dengan benda berketinggian 1 cm. Setelah adonan bening agak mengeras, lepas alat penyangga, dan segera tuang adonan santan (jika mengental, rebus sesaat di atas api kecil). Tuang dengan bantuan sendok ke atasnya hingga permukaan adonan rata. Ulangi proses membuat lapisan diagonal hingga semua adonan habis. Variasikan atinggi kemiringan, untuk menciptakan motif diagonal tak beraturan yang cantik. Dinginkan.

Saus santan:kocok lepas kuning telur bersama maixena dan sedikit santan, sisihkan. Didihkan sisa santan dan gula pasir sambil diaduk, angkat dari api. Tuang sebagian santan panas ke dalam kuning telur, aduk cepat. Tuang kembali kuning telur kedalam santan panas (dipancing). Didihkan hingga mengental sambil sesekali diaduk. Setelah setengah dingin, campurkan krim dan rum, dinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar