Blog yang Saya ikuti

Kamis, 29 Juli 2010

Korea oh korea...

Setahun belakangan ini, serial drama korea sangat menjamur di dunia pertelevisian kita. Bahkan, beberapa artis korea sampai mengadakan show atau sekedar jumpa fans ke Indonesia. Yah, tak bisa dipungkiri lagi bahwa hal yang berbau negeri gingseng itu kini banyak diminati oleh orang Indonesia. Mulai dari atlet bulu tangkis, artis, sampai world cup, Korea Selatan telah banyak menarik hati orang Indonesia. Nah, jadi penasaran kan, dengan negara yang satu itu? Sebenarnya, ada apa saja di korsel dan bagaimana kehidupan di Korsel? Yuk, kita ulik...

Sebenarnya, nama resminya adalah Republik Korea, dengan ibukota Seoul. Seperti halnya Indonesia, bentuk pemerintahannya republik dan dikepalai oleh seorang Presiden. Namun, Korea juga memiliki kepala pemerintahan yaitu Perdana Menteri. Bahasa resminya adalah bahasa Korea dan mata uangnya Won.

Korea Selatan, negara di sebelah timur laut Asia yang terletak di bagian selatan Semenanjung Korea, dikenal secara resmi sebagai Republik Korea. Korea Selatan dibatasi di sebelah utara oleh Korea Utara, di sebelah timur oleh Laut Timur (Laut Jepang), di sebelah tenggara dan selatan oleh Selat Korea yang memisahkannya dari Jepang, dan di sebelah barat oleh Laut Kuning. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Seoul.

Negara Korea didirikan pada tahun 1948 di akhir perang dunia ke-2 dan terpecah menjadi 2 bagian, di sebelah selatan diduduki oleh kekuatan Amerika (USA) dan di sebelah utara oleh Uni Soviet (USSR). Setelah Perang Korea (1950-1953), Korea Selatan berkembang dari negara miskin menjadi salah satu negera ekonomi terbesar di dunia di tahun 1990-an.

Korea Selatan mempunyai iklim sedang, dengan 4 musim yang berbeda. Musim dingin berhawa dingin dan berangin, dan turun salju di semua tempat kecuali wilayah paling selatan. Musim panas berhawa panas, lembab dan berhujan. Cuaca di Korea Selatan dipengaruhi oleh Benua Asia dan laut yang mengelilinginya. Angin musim Asia membawa udara dingin dari Arktik di musim dingin dan udara panas dan lembab dari Laut Cina Selatan di musim panas.

Di Seoul kisaran temperatur rata-rata Januari adalah -7º hingga 1º C dan kisaran temperatur rata-rata Juli adalah 22º hingga 29º C. Temperatur musim dingin lebih tinggi di sepanjang pantai selatan dan cukup rendah di bagian dalam pegunungan.


ooh, begitu yaa! Jadi tambah penasaran sama parwisata, budaya, dan bahasanya yang unik itu! Kita masih bisa mengenal lebih jauh tentang korea di http://www.indonesiaseoul.org

So, enjoy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar