Blog yang Saya ikuti

Sabtu, 14 Agustus 2010

Apa itu Fisika

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Di rumah, di taman, di laut, di gunung, di banyak sekali tempat di bumi dan di langit, fisika dapat kita temui. Sebenarnya, fisika merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan alam, yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan energi. Energi memang ada dimana-mana. Energi diperlukan manusia untuk hidup. Energi juga diperlukan bumi untuk rotasi dan revolusi. Makanya, fisika ada dimana-mana.

Cahaya, suara, listrik, angin, cuaca, dan air adalah beberapa contoh materi yang dipelajari dalam fisika. Walaupun, sebenarnya fisika seperti tak terbatas, ada dimana pun. Jika kalian ingat kembali, salah seorang ilmuwan fisika ternama, Galileo Galilei memulai satu penemuan besarnya ketika ia duduk-duduk di bawah pohon apel. Atau Alfa Edison yang malah mengerami telur ayam sendiri. Jadi, hanya perlu buka mata, hati, dan pikiran untuk memahami apa yang ada.

Pengetahuan tentang fisika, kemudian dikembangkan dalam bentuk tulisan, baik teori maupun angka-angka. Banyak kemajuan teknologi yang ada saat ini, berasal dari hasil penemuan ilmu fisika. Ilmu memang membawa manfaat yang besar bagi kita, begitu pula ilmu fisika. Namun, terkadang terjadi kesalahpahaman tentang fisika, yaitu keidentikkan fisika dengan rumus dan perhitungan rumit. Padahal, rumus dan perhitungan itu hanya alat yang digunakan sebagai perantara untuk menjelaskan ilmu fisika.

Mempelajari fisika dapat mendekatkan diri kita, kepada Allah SWT. Karena, dengan semakin mengenal alam, maka akan semakin terlihat betapa besar kekuatan Allah SWT dalam menciptakan alam semesta dan kehidupan kita. Di dalam Al-Qur'an pun, Allah SWT berfirman mengenai penciptaan bumi dan langit, pergantian siang dan malam, perhitungan waktu, yang menunjukkan pentingnya pemahaman mengenai jagad raya, salah satunya melalui ilmu fisika.

Wallahu a'lam bi ash-shawab.

1 komentar:

  1. hehehe Ilmu Alam memang selalu membuktikan Rahasia-Rahasia Allah yang belum terungkap. Tunngu saja waktunya tiba

    BalasHapus