Blog yang Saya ikuti

Kamis, 12 Agustus 2010

al-'aqidah

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Dalam istilah keagamaan, akidah berarti "dasar keimanan seseorang kepada Allah SWT". Iman bertumpu pada akidah. Jika akidah benar, maka iman benar., begitu pula sebaliknya. Akidah yang benar meupakan syarat mutlak untuk mencapai penghambaan diri kepada Tuhan yang benar. Dengan akidah yang benar pula seseorang mengikat diri sepenuhnya kepada Tuhan.

Ajaran Islam dibagi atas tiga aspek pokok, yaitu akidah, syariat, dan akhlak. Aspek akidah merupakan aspek yang fundamental (pokok) dalam ajaran Islam dan berkaitan dengan hal yang berhubungan dengan keyakinan (keimanan) dan kepercayaan terhadap hal gaib. AKidah berkaitan dengan pekerjaan hati. Aspek syariat adalah aspek yang berkaitan dengan amal ibadah, yang berkenaan dengan pelaksanaan hukum berupa perintah dan larangan Allah SWT. Syariat berkaitan dengan anggota badan jasmaniah. Akhlak adalah aspek yang berkaitan erat dengan persoalan etika, moral, dan pergaulan hidup.

Dalam Al-Qur'an, akidah diistilahkan dengan iman dan syariat diistilahkan dengan amal saleh. Keduanya selalu disebut beriringan, seumpamanya dalam QS.16:97, QS.18:107-108, dan QS>103:1-3. Ayat diatas membuktikan bahwa islam bukan semata-mata akidah atau semata-mata syariat, melainkan satu kesatuan ajaran yang meliputi akidah dan syariat.

Sumber : Ensiklopedi Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar