Blog yang Saya ikuti

Senin, 27 Juni 2011

Totto-Chan

Buku itu berjudul Totto-Chan. Sampul buku itu berwarna putih dan bergambar seorang gadis kecil mengenakan pakaian tebal berbulu yang berwarna putih, dengan topi serta sepatu hitam. Buku itu dicetak hardcover, namun tetap ringan dibawa.

Jika kita lihat judul buku dan nama penulisnya yaitu Tetsuko Kuroyagi, dengan cepat dapat kita terka bahwa kisal di buku tersebut berasal dari negeri Sakura (Jepang) yang sudah diterjemahkan. Totto-Chan adalah nama seorang gadis kecil yang bersekolah di kelas satu, sekolah dasar. Umur Totto-chan baru 7 tahun. Namun, penglaman hidupnya banyak sekali. Totto-chan punya rasa ingin tahu yang besar, sampai-sampai guru sekolah dasar biasa pun tak sanggup menghadapi tingkahnya. Hingga ia harus berpindah sekolah ke Tomoe-Gakuen, yaitu sebuah sekolah yang dirancang berbeda dari sekolah pada umumnya. Tomoe-Gakuen memiliki beberapa gerbong kereta yang tak terpakai, sebagai ruang kelas. Tomoe-Gakuen menjalankan kegiatan belajar yang berlandaskan pada keinginan siswa usianya. Totto-chan merasa sangat senang bersekolah di sana. Banyak hal-hal menarik yang ia dapatkan, yang berbeda dari sekolahnya yang lama.

Kisah-kisah menarik Totto-chan selama menjalani hari-harinya di Tomoe-Gakuen, ditulis dengan ringan, bahasa yang sederhana namun sarat makna. Buku ini cocok dibaca oleh para guru dan calon guru, agar membuka sudut pandang guru terhadap siswanya yang terkadang terkotak-kotak oleh sistem pendidikan. Banyak inspirasi bisa diambil dari pemikiran kepala sekolah Tomoe-Gakuen. Buku ini pas untuk dibaca di waktu istirahat ataupun diperjalanan, karena isinya sangat santai, menarik, dan lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar