Blog yang Saya ikuti

Senin, 17 Januari 2011

Sisi Pendidikan

Setelah lima semester kuliah di jurusan Pendidikan Fisika, ternyata baru ini tulisanku tentang Pendidikan. Aku baru sadar, pagi ini, bahwa aku harus punya sebuah tulisan tentang pendidikan. Bagaimana pandanganku terhadap dunia pendidikan? Bagaimana dunia pendidikan yang ada saat ini? Bagaimana sejarah pendidikan di Indonesia? Masih banyak hal yang perlu ku ketahui tentang pendidikan. Maka, aku harus memulai menuliskan tentang pendidikan itu dari sekarang.

Pendidikan
Sebuah dunia kecil, yang punya dampak besar bagi kemajuan suatu bangsa. Sejarah menyampaikan bahwa Indonesia pernah menjadi panutan bagi Malaysia dalam dunia pendidikan. Tersiar kabar bahwa dahulu kala, banyak pelajar Malaysia yang menempu pendidikan ke Indonesia. Entah bagaimana, saat ini justru pelajar Indonesia yang pergi ke luar negeri, termasuk ke Malaysia, untuk menempuh pendidikan.

Mengingat pesan seorang jendral di negeri sakura, Jepang, seusai kejadian pengeboman Hiroshima-Nagaski, yaitu "berapa jumlah guru yang masih hidup?", menunjukkan arti pentingnya pendidikan bagi mereka dan harusnya juga bagi kita.

Saat ini, pendidikan Indonesia menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selama satu semester saya mempelajari tentang KTSP ini, kesimpulan saya adalah KTSP memiliki kerumitan tersendiri yang harus dipahami secara mendalam oleh setiap pelaku pendidikan, agar tujuan pendidikan yang sebenarnya, yaitu mencerdaskan bangsa, dapat terwujud. Bangsa cerdas, yang diharapkan mampu membawa kemajuan bagi Indonesia serta dapat mewujudkan kesejahteraan bangsanya sendiri. Bangsa yang dapat mengolah sumber daya alamnya sendiri, bangsa yang dapat memelihara tanah airnya, bangsa yang dapat memenuhi kebutuhan bangsanya, bangsa yang memiliki kemajuan teknologi dan industri, bangsa yang sejahtera, adil, dan makmur, adalah bangsa yang cerdas. Pendidikanlah yang berperan penting dalam kecerdasan bangsa.

Dan hal tersebut pun, baru-baru ini saja aku sadari, setelah lima semester menggeluti kuliah pendidikan. Sehingga, aku perlu meningkatkan pula kesadaran masyarakat agar mau ikut berperan aktif dalam dunia pendidikan, mencerdaskan bangsa. Langkah awalnya, melalui tulisan singkat ini, yang semoga akan terus berkembang lebih baik lagi, untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar