Blog yang Saya ikuti

Jumat, 15 April 2011

Penelitian Tindakan Kelas

Judul Buku: Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru
Penulis: Kunandar, S.Pd, M.Si.
Penerbit: Rajawali Pers
Tahun: 2008
Tempat: Jakarta
Tebal: 311 halaman

Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) merupakan bagian dari penelitian tindakan (Action Research). Sementara itu, kita perlu tahu tentang pengertian penelitian. Penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan menurut metode ilmiah yang sistematis untuk menemukan informasi ilmiah dan atau teknologi baru, membuktikan kebenaran, atau ketidakbenaran hipotesis hingga dapat dirumuskan teori dan atau proses gejala sosial.

Penelitian tindakan memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari PTK karena objek penelitian tindakan tidak hanya terbatas di dalam kelas, tetapi bisa di luar kelas, seperti sekolah, organisasi, komunitas dan masyarakat. Salah satu dari sekian pendapat mengenai pengertian Penelitian Tindakan yaitu yang dikemukakan oleh Kurt Lewin: Penelitian Tindakan adalah suatu rangkaian langkah yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Terdapat tiga prinsip penelitian tindakan, yakni (1) adanya partisipasi dari peneliti dalam suatu program atau kegiatan; (2) adanya tujuan untuk meningkatkan kualitas suatu program atau kegiatan melalui penelitian tidakan tersebut; (3) adanya tindakan ( treatment) untuk meningkatkan kualitas suatu program atau kegiatan. Mengacu prinsip tersebut, Penelitian tindakan dapat didefinisikan sebagai suatu penelitian tindakan yang dilakukn oleh guru sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi)dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefreksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu kualitas pendidikan pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam suatu siklus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar