Blog yang Saya ikuti

Senin, 25 April 2011

Teknik Pembelajaran dalam Cooperative Learning

Judul Buku: Cooperative Learning
Penulis: Anita Lie
Penerbit: Grasindo
Tahun: 2010

Seperti yang tergambar pada judulnya, buku ini membahas tentang cara-cara mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Sebenaranya, buku ini sangat bagus bagi para mahasiswa jurusan pendidikan. Salah satu bagian yang saya suka dari buku ini adalah BAB 7 Teknik-teknik Pembelajaran Cooperative Learning. Terdapat banyak teknik dibahas pada bagian ini.

1. Mencari Pasangan
Dari namanya saja sudah menarik ya! Hehehe...
Pada teknik ini, guru menyiapkan beberapa kartu yang berisikan konsep / materi pelajaran apa saja. Kemudian, setiap siswa mendapat satu kartu dan mencari pasangan yang memiliki kartu yang cocok dengan miliknya. Misal: pemegang kartu 2+5 berpasangan dengan kartu 10-3 atau 21:3.

2. Bertukar Pasangan
Awalnya, guru membentuk pasangan-pasangan siswa dan diberi tugas berpasangan. Kemudian menggabungkan pasangan satu dengan yang lainnya. Kedua pasangan, saling bertukar pasangan dan menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka. Temuan baru yang didapatkan dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

3. Kepala Bernomor
Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapatkan nomor. Guru memberikan tugas, dan masing-masing kelompok mengerjakannya. Guru memanggil salah satu nomor. Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka.

Selain tiga buah teknik yang disebutkan di atas, ada pula teknik yang diberi nama Berkirim salam dan soal, Berpikir-Berpasangan-Berempat, Dua Tinggal Dua Bertamu, Jigsaw, Kancing Gemerincing, Keliling Kelompok, Keliling Kelas, Tari Bambu, Lingkaran kecil Lingkaran besar, dan Kepala bernomor Terstruktur.
Jadi, selamat membaca bukunya dan selamat mempraktekan ilmunya. ^^

4 komentar:

  1. beli bukunya dimana ya?
    aku cari ebooknya susah hehe
    butuh nih buat skripsi

    BalasHapus
  2. itu.. waktu itu nemu di book fair di senayan.. emang susah banget nyari bukunya juga.

    BalasHapus
  3. kepala bernomor struktur itu Structured Number Head ya,mb.dewi?

    BalasHapus
  4. Mau tanya apa di dalam buku ini ada sedikit dibahas tentang metode/ permainan talking stick??

    BalasHapus