Strategi Pembelajaran :
Inkuiri
Model Pembelajaran :
Instruksi Langsung
Metode Pembelajaran
: Demonstrasi,
Ceramah, Tanya Jawab, Praktikum, dan Proyek
Berkelompok
RINCIAN
AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Pengaturan Skema :
Siswa duduk membentuk sebuah lingkaran besar
Aktivitas Pembuka :
1. Guru memotivasi
siswa dengan mengajak siswa bersama-sama menyerukan jargon belajar Fisika: Saya
Yakin! Saya Bisa! Belajar Fisika itu Seru!
2.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai
3.
Guru menanyakan,
‘mengapa benda bisa berotasi?’ (brain
storming)
Aktivitas Inti
1.
Beberapa siswa melakukan
demonstrasi sederhana dengan menggunakan teaching
aid (alat bantu mengajar/alat
peraga) dan dibantu arahan dari guru
2.
Guru membuka
kegiatan tanya-jawab dengan menanyakan, ‘apa perbedaan gerak rotasi saat jari-jari
rotasi besar dan kecil?’; ‘bagaimana hubungan gaya, jari-jari, dan kecepatan
benda yang berotasi?’
3.
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari guru
4.
Siswa
memerhatikan penjelasan dari guru terkait kegitan demonstrasi
5.
Guru memberi
ceramah tentang besaran-besaran fisis pada gerak rotasi
6.
Siswa
mengaplikasikan formula menghitung besaran-besaran fisis dalam gerak rotasi,
dengan mengerjakan beberapa latihan yang diberikan guru
7.
Siswa
memerhatikan demonstrasi Mousetrap Car yang dilakukan guru
8.
Guru memberikan instruksi
tugas proyek membuat Mousetrap Car
9.
Siswa membentuk
kelompok proyek Mousetrap Car
Aktivitas Penutup
1.
Siswa memberikan
rangkuman pembelajaran (secara lisan)
2.
Guru dan siswa
bersama-sama memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif berpartisipasi selama
pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar