Blog yang Saya ikuti

Sabtu, 03 September 2011

Di Bawah Lindungan Ka'bah


Sebuah judul novel yang unik, sastra melayu karya seorang ulama yang unik pula, Buya Hamka. Perpaduan dua keunikan itulah yang membuatku tertarik membaca novel klasik itu, judulnya, Di Bawah Lindungan Ka'bah. Dan di bulan Agustus ini, suatu film production house mengangkat kisah dari novel tersebut ke film bioskop dengan judul yang sama. Film tersebut dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, antara lain Herjunot Ali, Didi Petet, Laudia Cyntia Bella, dan Widyawati. Setting latar belakangnya pun cukup bagus, sebuah perkampungan Padang tempo dulu, dengan deretan rumah gadang serta pemandangan alam yang indah.


Acting Junot sebagai Hamid, aku nilai cukup bagus. Jika di rating dari 1-5, maka aku beri angka 3,75. ^-^ Tetapi, acting Bella sebagai Zainab masih kurang mengena buatku. Dan sedihnya, alur cerita film tidak memuaskan buatku. Jauh lebih mengharukan jika kita membaca kisahnya di novel, daripada menonton film itu. Hmm, untungnya, cukup banyak kata-kata bagus yang masih ditonjolkan, seperti saat Hamid (Junot) memanjatkan doa di damping Ka'bah. Indahnya...
Satu hal lagi, menonton film ini, lumayan jadi tahu bahasa padang deh.. :D (walau yang aku ingat betul, cuma satu sih: 'waang'. hehehe...)

Jadi, mending baca novelnya aja deh, buat para penggemar sastra, terutama sastra klasik melayu. ;) Buya Hamka, keren. Semoga Allah SWT menerima/menempatkan beliau di sisi-Nya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar