Blog yang Saya ikuti

Selasa, 08 Februari 2011

Nasib Bangsa dan Generasi Muda

Berkaca dari apa yang saya lihat, hari ini dan hari-hari lain selama hidup saya, terlintas dalam pikiran saya sebuah pertanyaan. "Bagaimana nasib bangsa ini (bangsa Indonesia) nanti?"

Siang tadi, ketika saya berada di dalam bus Trans Jakarta, ketika bus yang saya naiki itu tiba di sebuah halte, terlihat desakan para penumpang yang berusaha memasuki bus. Petugas pengatur penumpang bus, berseru bahwa bus sudah penuh, beberapa kali. Saat itu memang kondisi di dalam bus padat sesak. Namun ada seorang kakek memaksa masuk, padahal tidak ada ruang tersisa untuknya. Sehingga, kakek tersebut terpaksa berdiri tepat di depan pintu lipat bus, di ruang yang harusnya tersisa untuk ruang gerak pintu saat di buka. Jujur saja, saya tidak merasa kasihan dengan kakek itu. Hal ini dikarenakan kakek itu tidak menuruti anjuran petugas bus tadi.

Kemudian, ketika saya lanjutkan perjalanan saya menggunakan angkutan umum (mobil kecil), saya melihat dua anak sekolah (sepertinya siswa smp; laki-laki), dengan santai MEROKOK. Padahal mereka masih mengenakan seragam dan masih membawa tas (baru saja pulang sekolah). Begitu miris saya melihatnya. Kasihan penumpang lain yang juga anak smp, yang berusaha sebisa mungkin menutup hidung, agar tidak mengirup asap rokok.

Astagfirullah.

Di tempat lain, ada banyak siswa yang sibuk bermain game online selama berjam-jam.
Dan banyak pula, siswa yang asik berdua-duaan antar lawan jenis.

Astagfirullah.

Bagaimana nasib bangsa Indonesia kelak, jika kondisi generasi muda saat ini begitu memprihatinkan (siswa smp-nya saja sudah menjadi perokok)? Sementara, para generasi tua-nya masih banyak yang sulit diatur dan tidak memberikan contoh yang baik.

Lalu, apa solusi yang dapat saya lakukan untuk merubah kondisi tersebut?

Tentunya, saya harus merubah diri saya sendiri menjadi baik, sebelum bisa merubah orang lain. Perubahan yang bersumber dari diri sendiri tersebut, di antaranya seperti : Disiplin, Mematuhi peraturan, Menjaga kebersihan lingkungan, Bekerja keras, Rajin beribadah, Sopan Santun, Peduli sesama, Sportif dan Kompetitif, Pola Hidup Sehat, dan sebagainya.

Setelah bisa merubah diri sendiri menjadi baik, saatnya merubah lingkungan sekitar kita agar jadi lebih baik juga. Beberapa solusi sederhana untuk kasus yang saya tuliskan di atas antara lain seperti :
1. Aktif mengampanyekan 'Anti Rokok'
2. Sosialisasikan budaya membaca
3. Pemberian motivasi dan saling menasihati
dan sebagainya.


Yang jelas, banyak jalan menuju Sukses, asalkan ada Kemauan untuk Berubah menjadi lebih Baik. Tetaplah peduli, cintai diri kita, cintai lingkungan, dan Tetap Optimis.
^v^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar